Senin, 28 Maret 2011

Tips Makanan Sehat

Sayur dan buah-buahan sudah dikenal sebagai makananan dan minuman yang sehat yang dapat juga untuk mengatasi atau membantu kesembuhan dari berbagai macam penyakit.

Tapi banyak orang yang makan sayur dan buah tapi tidak atau belum merasakan manfaatnya.
Hal ini bukan karena sayur atau buah tersebut tidak bermanfaat tapi karena masalah pemilihan jenis sayur dan buah yang tepat dan cara pengolahannya.

Sering kita mendengar bahwa jenis sayur ini dan buah itu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, pada kenyataannya banyak orang yang kecewa. Penulis yang kebetulan sedikit mendalami active ingredient dari berbagai macam sayur dan buah menemukan bahwa tiap jenis sayur dan buah itu demikian unik sehingga satu tanaman punya lebih dari satu macam active ingredient bahkan ada yang lebih dari 40 macam.
Tiap active ingredient mempunyai kegunaan yang berbeda beda.
Masalahnya untuk mendapatkan satu active ingredient untuk satu jenis penyakit berbeda beda caranya.
Contohnya untuk tanaman temulawak, salah satu active ingredient nya, yaitu curcumin sangat berkhasiat untuk gangguan lever, tapi kalau kita merebus umbi temulawak, maka sebagian besar yang di dapat adalah pati atau tepungnya dan sangat sedikit curcuminnya, karena curcumin tidak larut dalam air tetapi larut dalam ethanol.
Tetapi bila kita merendam temulawak dalam ethanol yang keluar adalah campuran curcuminoid dan oleoresin, yaang selanjutnya campuran ini dipisahkan dengan Hexana sehingga didapat curcuminoid dan oleoresin. Oleoresin biasa digunakan untuk menambah nafsu makan anak.
Selanjutnya curcuminoid yang mengandung curcumin, des methoxycurcumin dan bis des methoxy curcumin diproses lagi untuk mendapatkan curcuminnya.

Dari contoh di atas jelas terlihat manfaat suatu tanaman tidak serta merta dapat di nikmati dengan cara yang biasa, misalnya di seduh , di masak, atau digodog.

Hal lain yang sangat penting adalah banyak active ingredient sayur dan buah yang sangat bermanfaat atau berkhasiat, active ingredientnya tidak tahan panas, atau khasiatnya hilang pada temperatur di atas 60 C lebih dari 15 menit. Yang paling ekstrem Ginseng bila diolah diatas 40 C akan hilang manfaatnya. Seringkali kita memasak sayur di rumah atau memasak obat dengan di godog sampai mendidih dengan waktu yang lama, akibatnya khasiat nya banyak yang hilang, tapi masih tetap bermanfaat karena kandungan serat dan kandungan lain yang tahan panas.
Misalnya dalam membuat sayur asam, bila setelah mendidih sayur dimasukkan dan apinya dikecilkan atau dimatikan akan lebih berkhasiat daripada sayur dimasukkan dan digodog sampai layu/lodoh.

Kesimpulannya manfaat sayur dan buah bagi kesehatan harus disertai pengetahuan akan jenis dan cara penyajiannya.



1. Makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi.

a. Sup alpukat dalam Oat.

Cara membuatnya : Masukkan oat dalam air mendidih, diaduk aduk sampai mengembang,jangan sampai menjadi bubur yang halus, biarkan sedikit kasar, lalu masukkan potongan alpukat 2 cm x 2 cm secukupnya, tambahkan sedikit rasa yang disukai seperti susu, strawberry, coklat dsb.

Banyak pertanyaan bukankah alpukat banyak mengandung lemak sehingga dapat meningkatkan kolesterol?
Jawabannya memang alpukat banyak mengandung lemak tetapi MUFA(mono unsaturated fatty acid) atau asam lemak tidak jenuh tunggal yang justru dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh kita.

Kandungan asam lemak jenuh pada alpukat adalah 2,13g/100g, sedangkan
lemak tidak jenuh tunggalnya (MUFA) mencapai 9,8g/100g. Konsumsi asam
lemak dalam bentuk MUFA, seperti yang ada dalam alpukat, justru dapat
memperbaiki kadar kolesterol dan memproteksi kerusakan arteri (pembuluh
darah).

Lemak alpukat juga mengandung asam lemak tidak jenuh ganda (PUFA) dengan
kadar 1,82g/100g daging buah. Manfaat PUFA pada alpukat sama dengan yang
ada pada ikan laut. Konsumsi MUFA dan PUFA dalam jumlah yang cukup akan
memberikan manfaat kesehatan yang optimal bagi tubuh.

Asam lemak MUFA yang banyak terkandung dalam alpukat adalah asam oleat
(seperti asam lemak yang terdapat dalam almond dan minyak zaitun). Asam
oleat merupakan asam lemak omega-9 yang dapat menurunkan kadar
kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat), tetapi sebaliknya
meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Selain itu, alpukat juga kaya akan asam folat (81 mkg/ 100 g buah).
Konsumsi satu cangkir alpukat cukup untuk memenuhi 23 persen kebutuhan
tubuh akan asam folat.

Sebuah penelitian yang melibatkan 80.000 wanita selama 14 tahun
menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat secara teratur
mempunyai risiko 55 persen lebih rendah untuk terkena serangan jantung.
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi asam folat dapat
menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

b. Camilan MUFA.

Camilan MUFA adalah jenis camilan yang mengandung MUFA tinggi seperti:
- Kacang Almond
- Kacang Macadamia.
- Kacang Mete
- Biji Bunga Matahari

Biasanya para wanita senang camilan, tapi takut karena banyak camilan yang tinggi kalori dan lemaknya sehingga dapat menyebabkan kegemukan dan kolesterol tinggi. Setelah para ahli menemukan bahwa ternyata tanaman yang mengandung MUFA tinggi dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan obesitas, camilan Mufa mulai banyak menggantikan camilan yang tidak sehat.Apalagi untuk yang mempunyai waktu dapat membuat sendiri dengan menggoreng Camilan Mufa dengan Minyak zaitun murni (EVOO) atau minyak bunga matahari misalnya.

c. Salad MUFA dan Kimchi

Salad MUFA sama seperti salad biasa tapi menggunakan minyak MUFA untuk conditioning nya, misalnya salad di beri minyak Zaitun/olive oil dan diaduk merata.
Kombinasi appetizer ini dengan kimchi sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, membakar lemak dan mengurangi timbunan lemak padat (Omentum) yang ada di perut kita.
Cara membuat Kimchi dapat di lihat di web http://www.maangchi.com/recipe/kimchi-kaktugi


2. Makanan untuk penderita Diabetes.

a. Buncis, Pare dan jagung.

Makanan ini bisa untuk sarapan pagi atau makan siang. Buncis, pare atau dan Jagung cukup di kukus saja atau di rebus dan di makan sebagai makanan utama atau sebelum makanan utama.
Efek yang mudah di amati adalah frekuensi buang air kecil.
Bila setelah beberapa hari makan sayur ini frekuensi buang air kecil pada penderita diabetes akan semakin berkurang.

b. Diabetic tea.
Diabetic tea atau teh untuk mengurangi akibat diabetes terdiri atas beberapa tanaman yang memang dikenal mempunyai khasiat untuk diabetes seperti :

- Meniran 10%
- Sambiloto 10%
- Brotowali, 5%
- Kumis kucing 15%
- Tea hijau. 60%

Semua bahan kering dan di campur sampai rata, di minum 1 atau 2 x sehari, masukkan 1 sedok teh ramuan ke dalam satu cangkir air mendidih dan tutup, setelah hangat langsung di minum.

Bila terlalu repot untuk membuat ada yang menjual dalam bentuk sachet/teh celup, kalau komposisinya kurang lebih mirip bisa digunakan, misalnya ProDeem dari JamuPuspo.

3. Makanan untuk penderita Asam Urat/Uric acid

a. Jus Sirsak

Untuk penderita asam urat tinggi, umumnya harus menjaga pola makan. Hindari makanan yang mengandung Purin seperti Melinjo, duren , jeroan , cumi, udang dan lemak tinggi.
Jus sirsak bisa menolong mengurangi kandungan asam urat dalam persendian dan darah tapi kalau pola makan tidak dijaga pembentukan asam urat bisa lebih cepat dari pengikisan oleh Sirsak.

b. Uric acid Tea

Teh asam urat merupakan rebusan 50 gram Pucuk daun alpukat dan 50 gram daun salam dimasukkan dalam 1 liter air mendidih dan di tutup. Setelah 15 menit bisa di minum .
Sekali membuat bisa untuk lima kali minum. kalau lama bisa dimasukkan ke dalam lemari es.

1 komentar:

Posting Komentar